Strategi Pemasaran Produk Jasa Keuangan
Pemasaran Produk Jasa Keuangan - Untuk mengembangkan strategi pemasaran produk jasa keuangan suatu lembaga keuangan, dibutuhkan suatu tindakan yaitu mensosialisasikan produk kepada mitra/masyarakat adalah sangat penting. Hal ini
bertujuan untuk kemajuan kinerja suatu lembaga keuangan khususnya BMT (baitul mal wa tamwil) dalam hal
pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai usaha mikro.
Keberhasilan suatu lembaga keuangan dalam mengadakan hubungan dengan mitra/masyarakat sangat ditentukan oleh keberhasilan usahanya di bidang pemasaran. Keberhasilan tersebut juga dapat ditentukan oleh ketetapan fasilitas produk dan bagi hasil yang diperoleh yang dapat memenuhi selera masyarakat. Hal ini biasanya di tentukan lewat penelitian terhadap prospek usaha mikro yang akan menjadi target sebelum produk tersebut di pasarkan.
Keberhasilan suatu lembaga keuangan dalam mengadakan hubungan dengan mitra/masyarakat sangat ditentukan oleh keberhasilan usahanya di bidang pemasaran. Keberhasilan tersebut juga dapat ditentukan oleh ketetapan fasilitas produk dan bagi hasil yang diperoleh yang dapat memenuhi selera masyarakat. Hal ini biasanya di tentukan lewat penelitian terhadap prospek usaha mikro yang akan menjadi target sebelum produk tersebut di pasarkan.
Dan setelah kami mulai lakukan penelitian dan terjun langsung di lapangan
(pasar), untuk mengenal bagaimana kondisi pasar yang sesungguhnya, terdapat
banyak kendala yang harus di hadapi, seperti :
1.
Ketika
keadaan pasar yang ramai dan banyak pembeli, untuk melakukan penelitian kepada
penjual (pedagang), penjual tersebut lebih mendahulukan pembeli.
2.
Ketika
pasar sepi, penjual (pedagang) banyak yang sudah beres- beres (kukutan) sebelum
jam pasaran selesai, bahkan karena pasar sepi banyak penjual (pedagang) yang
tidak berjualan di pasar (banyak lapak kosong).
3.
Banyak
juga pedagang yang tidak bersedia untuk dimintai informasi (data) sehingga penelitian
dan Tanya jawab harus dihentikan.
4.
Kebanyakan
mengatakan kalau sudah pernah dimintai informasi (data) sebelumnya, sehingga
tidak ingin di mintai informasi lagi.
5.
Selain
dari pedagang, kendala yang lain adalah waktu yang lumayan sebentar dan
kebanyakan pasar yang dituju tempatnya jauh dan masih mencari-cari dimana
lokasi pasarnya.
6.
Selain
itu mungkin dari pihak kami sendiri yang belum bisa dan belum mengetahui
bagaimana kinerja menjadi marketing sehingga menjadi kendala bagi kami untuk
berbaur ke dalam pasar dengan pedagang-pedagang yang memiliki berbagai macam
sifat dan karakteristik.
Akan tetapi, dari sekian kendala tersebut ada kesan yang sangat baik yang pernah kami alami terhadap sebagian pedagang yang bisa dan mau untuk di mintai informasi (data) sehingga memudahkan kita untuk menggali banyak informasi dan pembelajaran, bahkan malah asik diajak bercanda dan ada juga yang bercerita tentang pengalaman berdagang.
Ada juga yang menyampaikan keluhan tentang kondisi pasar saat ini. Misalnya, pasar sering sepi karena sekarang banyak toko-toko besar yang berdiri dan banyak pedagang yang tidak mempunyai izin resmi pada berjualan di pinggir area pasar, sehingga pedagang yang mempunyai izin resmi di dalam pasar kalah saing dengan yang di luar pasar (di jalan masuk pasar), karena tidak perlu masuk ke dalam pasar, pembeli mudah mendapatkan (membeli) barang yang diinginkan di pinggir jalan area pasar.
Dan pada tahap
penelitian terhadap penawaran kepada pedagang pasar akan suatu produk simpanan
(funding) dan pembiayaan (landing), maka lebih mudah
memperkenalkan dan menarik nasabah atau mitra dalam hal pembiayaan daripada
untuk produk simpanan. Hal ini disebabkan karena salah satu faktornya yang
banyak kami temukan adalah, seorang pedagang akan lebih terbuka tentang
kebutuhan dananya, daripada untuk menyimpan laba hasil penjualannya.
Dari pengalaman ini kami banyak mendapatkan pelajaran langsung dari
situasi dan kondisi serta keadaan di masyarakat terutama pada keadaan pasar yang
sesungguhnya dan semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kami untuk masa depan
yang lebih baik.
Demikian sedikit ulasan tentang Strategi Pemasaran Produk Jasa Keuangan semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog PRASTICHA, yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar.
0 komentar:
Post a Comment